6 CARA MERAWAT LAYAR LAPTOP

6 CARA MERAWAT LAYAR LAPTOP

Tips Merawat LCD Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Merawat LCD Laptop adanya solusi yang bisa anda lakukan untuk mengindari kerusakan atau error pada LCD Laptop. Menjaga itu lebih baik dari pada memperbaiki atau mengobati kerusakan yang ada. Jikapun dikemudian hari atau sekarang ini, LCD laptop anda terjadi kerusakan maka mau tidak mau harus ganti dengan yang baru, dan harganya biasanya diatas 800 Ribuan. Untuk perawatan LCD Laptop, anda bisa ikuti metode – metodenya berikut ini.

1. Atur Tingkatan Brightness Dan Contrast Pada Layar

Hal paling sederhana dan paling mudah untuk anda lakukan yakni dnegan mengatur Brightness Dan Contrast pada kondisi sedang atau normal, tidak terlalu cerah dan tidak terlalu redup. Mata kita itu lebih suka pada sesuatu yang normal, terlalu cerah tidak baik pada mata, sedangkan terlalu redup juga tidak terlalu baik pada mata.

2. Atur Time Off LCD

Saat anda tidak berada di depan laptop, anda bisa mengatur Time Off LCD. Tujuannya adalah agar LCD laptop tidak terus menyala di saat anda tinggal. Anda bisa mengaturnya dalam jangka waktu beberapa menit saja (Stand-by). Selain membuat LCD lebih awet, metode ini juga dapat menghemat energy atau daya baterai Laptop.

3. Batasi Penggunaan Laptop

Jangan terlalu lama bekerja di depan laptop, maksimal penggunaan laptop adalah 5 Jam. Setelah 5 Jam, anda bisa matikan laptop anda. Diamkan selama 20 atau 30 menit, dan barulah anda gunakan laptop anda lagi. Tujuan dari metode ini adalah agar LCD laptop tidak terlalu panas, akibat terlalu lama menyala. Seperti yang saya katakana diatas bahwa LCD Laptop berbeda dengan LCD Desktop yang terbilang cukup tangguh.

4. Bersihkan LCD Dari Debu Dan Kotoran Secara Teratur

Tips berikutnya yakni dengan membersihkan LCD Laptop dengan cairan khusus secara teratur. Gunakan kain halus atau tisu untuk membersihkan laptop dari kotoran ataupun debu yang menempel. Minimal anda bisa lakukan seminggu sekali.

5. Jangan Menutup Laptop Dalam Keadaan Panas

Menutup laptop dalam keadaan panas dalam mengakibatkan kerusahan pada LCD Laptop itu sendiri. Hal paling buruk yang bisa terjadi nantinya adalah terdapat garis – garis putih pada laptop. Parahnya lagi, garis tersebu semakin lama akan semakin banyak. Maka dari itu, hindari menutup laptop dalam keadaan panas. Jika memang tidak digunakan, sebaiknya matikan saja laptop anda.

6. Perhatikan Saat Membuka dan Menutup Laptop

Setiap kali anda membuka ataupun menutup laptop, sebaiknya lakukan dengan cara yang halus dan baik. Jangan terlalu kasar atau terlalu keras dalam menutup laptop supaya LCD laptop tetap aman dan tidak terjadi kerusakan.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Merawat LCD Laptop Supaya Tetap Awet Dan Tidak Mudah Rusak, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

There are no reviews yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =

Start typing and press Enter to search

Need Help? Chat with us